Bisnis online Semakin Legit, Indag Lebak Pacu GO Digital

Lebak, lensafokus.id -- Kepala Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak Ihda Tipla Bayiza menyatakan semua produk industri kecil dan menengah (IPM)/ Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) pada hari ini masuk ke e-katalog Layanan Pengadaan  Secara Elektronik (LPSE).

"Dengan masuknya produk-produk IKM/UMKM di e-katalog LPSE diharapkan tidak ada lagi menggunakan produk impor," kata Ihda dalam keterangan di Lebak, Kamis (12-01-2023).

Pemerintah daerah tentu berkomitmen untuk melindungi pelaku IKM/UMKM agar tumbuh dan berkembang sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

Saat ini, produk-produk IKM/UMKM di Kabupaten Lebak menjadi produk unggulan daerah, seperti aneka kerajinan bambu, aneka kerajinan tangan, aneka makanan dan kuliner dan gula aren.

Selain itu juga terdapat aneka kerajinan masyarakat tradisional Badui.

Karena itu, semua produk lokal tersebut masuk ke e-katalog LPSE sehingga pemerintah dan masyarakat dapat menggunakan produk dalam negeri.

Manfaat penggunaan e-katalog LPSE itu nantinya difokuskan untuk membeli produk-produk dalam negeri, terutama produksi IKM/UMKM.

Namun, ujar dia, boleh membeli produk luar negeri, tetapi dengan catatan sudah tidak ada lagi produk buatan dalam negeri.

Produk IKM/UMKM tahun ini agar semua masuk ke e-katalog LPSE guna mendukung cinta produk dalam negeri.

Karena itu, mereka pelaku usaha untuk mengurus pendaftaran e-katalog dengan cara datangi Kantor Disperindag atau LPSE setempat.

"Pendaftaran pelaku IKM/UMKM masuk onboarding e-katalog gratis tanpa dipungut biaya," katanya.

Ia mengatakan, para pelaku IKM/UMKM dapat memanfaatkan teknologi digitalisasi secara online agar pemasarannya lebih luas.

Saat ini, jumlah IKM di Kabupaten Lebak lebih dari 16 ribu dan UMKM 56 ribu unit usaha dan sebagian besar sudah masuk ekosistem digitalisasi.

Pemerintah daerah setiap tahun melaksanakan pelatihan pemasaran secara daring agar pelaku IKM/UMKM bisa mengupload produk -produk ke marketplace.

Pemanfaatan pemasaran teknologi digital tentu dapat mendorong percepatan agar produk-produk UMKM lokal menyumbangkan ekonomi cukup besar bagi masyarakat.

Pelaku IKM yang terpilih bakal memperoleh benefit berupa pembinaan berkesinambungan, yang menjadi bagian dari program e-Smart IKM. “Mereka akan memperoleh pelatihan, pendampingan, dan fasilitasi untuk meningkatkan cakupan pemasarannya secara online,” tuturnya.

"Kita jangan sampai menjadi penonton di tengah masifnya perdagangan digital dan produk-produk IKM/ UMKM harus mengisi pasar secara daring," katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, pemerintah daerah kini membenahi produk IKM/UMKM dengan melakukan intervensi peningkatan mutu dan kualitas juga pemberian bantuan perizinan, sertifikasi halal, hingga packaging kemasannya dan branding-nya.

"Kami berharap produk IKM/UMKM lokal itu dapat menjadikan produk unggulan daerah yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat,"katanya.

Sementara itu, seorang pelaku IKM, Umsaroh, yang memproduksi Batik Chanting Pradana mengatakan pihaknya sangat terbantu pemasaran dengan memanfaatkan digitalisasi sehingga banyak permintaan dari beberapa daerah di Indonesia.

Pemasaran dengan teknologi digital dilakukannya secara broadcasting maupun online, sehingga dapat mendongkrak pendapatan ekonomi.

"Kami memanfaatkan digitalisasi yang dilakukan oleh pemerintah setempat,Keseriusan para peserta dalam mengikuti kegiatan ini menumbuhkan semangat untuk sukses melakukan pemasaran digital sekaligus dapat memajukan usahanya,” tuturnya.
(Cecep/agi)

Rate this item
(0 votes)
Go to top