Dandim 0601/Pandeglang Bersama Forkopimda Hadiri Kegiatan Panen Raya

Pandeglang, lensafokus.id -- Komandan Kodim 0601/ Pandeglang, Letkol Inf. Jani Setiadi, bersama Forkopimda menghadiri kegiatan panen raya padi bertempat di Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Selasa (10/01/2023).

Semula kegiatan panen raya ini akan dihadiri menteri pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, tetapi karena kesibukan bapak Menteri, kegiatan panen raya dihadiri oleh Dr. Ir. Suwandi, M.Si selaku Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI selain itu nampak hadir dalam kegiatan tersebut Dr. Al Muktabar, M.Sc Pj Gubernur Banten dan Anggota Komisi 4 DPR-RI Hj. Nur'aeni, S.Sos., M.Si.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementan, Suwandi mengatakan bahwa tingginya produktivitas di wilayah Banten merupakan bukti bahwa kondisi beras saat ini dalam keadaan melimpah dengan rata-rata produksi 6 ton per hektar menjadikan Banten salah satu penyumbang beras terbesar di tingkat nasional.

“Tahun 2022 provinsi Banten berada di peringkat ke 8 penghasil beras nasional. Saya kira ini berkat kerja keras semua pihak, baik dari pak gubernur, bupati dan para kadis yang langsung ke lapangan. Alhamdulillah beras kita melimpah karena produksi di pandeglang mencapai 6 ton per hektar,” terangnya.

Beliau juga menambahkan bahwa, peningkatan produktivitas harus terus ditingkatkan untuk memperkuat ketersediaan pangan dalam negeri, terutama menghadapi berbagai tantangan dan ancaman krisis global. Banten merupakan wilayah subur yang memiliki potensi besar dalam menguatkan pangan nasional.

IMG 20230110 WA0058 9gy1ijPl4T

PJ Gubernur Banten Dr. Al Muktabar, M.Sc menyampaikan terimakasih atas dukungan jajaran Kementan dalam meningkatkan produktivitas padi di wilayahnya. Dia berharap, dukungan tersebut semakin menambah semangat petani dalam berproduksi.

“Saya menyampaikan terimakasih karena berkat bantuan dan perhatian Kementan, produktivitas di wilayah Banten terus meningkat,” katanya.

Sementara itu Komandan Kodim 0601/Pandeglang Letkol Inf Jani Setiadi, saat ditemui awak media menyampaikan “dengan panen raya padi, diharapkan dapat meningkatkan ketahanan pangan nasional dan untuk meningkatkan kesejahteraan petani, serta menjamin ketersediaan logistik wilayah dalam rangka kepentingan pertahanan negara,” ucapnya.
Lebih lanjut Dandim menyampaikan, pihaknya terus berupaya membantu para petani untuk dapat meningkatkan hasil panen, dengan memperkenalkan formula BIOS 44 DC secara serentak di Koramil jajaran kodim 0601/ Pandeglang, memberikan sosialisasi mengenai formula BIOS 44.

“Bios 44 ditemukan oleh Gapo Army Team of Research (Gator) yang di ketuai Komandan Korem 044/Gapo yang sekarang menjabat Pangdam III/ Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo diyakini mampu memberikan banyak manfaat untuk dunia pertanian, dan terbukti ampuh untuk menyuburkan tanah, “pungkasnya.
(Agie Rahmatullah)

Rate this item
(0 votes)
Go to top