Genpi Banten Gelar Diskusi Digitalisasi Pariwisata dan Literasi Digital

Serang, lensafokus.id -- Komunitas Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Provinsi Banten Gelar acara diskusi Digitalisasi Pariwisata dan Literasi Digital, bertempat Kafe Hotel Puri Kayana Jln K.H Abdul Hadi No.96 Cipete Kecamatan Serang, Kota Serang, Sabtu (19/06/2021).

Narasumber pada acara tersebut Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi BANTEN Ir. Hj. Eneng Nurcahyati, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf Provinsi Banten M Agus Setiawan A.W, Biro Komunikasi Kepala Sub bagian Penguatan komunitas Kemenparakraf Syahril Sulaiman dan Counter & CEO Wisata Sekolah Irwan Tamrin dan Ketua umum GENPI.

Farhan selaku ketua panitia pelaksana menjelaskan Kegiatan ini bernama Virtual Tour dan anniversary Genpi Banten yang ke 5 dengan mengusung tema digitalisasi pariwisata dan literasi digital Kegiatan ini merupakan tema utama dalam acara Virtual Tour dan anniversary Genpi Banten.

Harapan kegiatan ini akan mengangkat dan membangkitkan kesadaran berliterasi serta pentingnya peran digital dalam menjalankan sebuah sistem untuk mengedukasi baik itu pengunjung maupun pengelola wisata, kembali rasa aman kepada wisatawan untuk berwisata ke Provinsi Banten dan perekonomian masyarakat akan tumbuh sebagaimana mestinya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid yang berarti kegiatan ini dilaksanakan dengan 2 metode, Offline dan online, sasaran peserta keseluruhan berjumlah 300 orang dengan pembagian 30 orang Offline dan selebihnya melalui metode zoom meeting dan streaming youtube.

"Manfaat terselenggaranya kegiatan ini sebagai bentuk upaya dalam perubahan ekosistem lapangan dan mengedukasi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif agar bisa mengubah pola perkembangan kunjungan wisatawan dari mulai sistem offline saja tapi juga bisa menjadi sistem offline serta online melalui virtual tour," jelas Farhan.

Ketua Genpi Banten Jalaludin mengatakan kegiatan tersebut dalam rangkaian acara virtual tour dan Anniversary Genpi Banten ke 5 dengan peserta pelaku usaha pariwiata, Dinas Pariwisata dan Dinas Kominfo se Provinsi Banten.

Digitalisasi merupakan program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Digitalisasi tersebut lebih mengarah kepada proses konsumen saat berwisata, mulai dari melakukan pemesanan untuk transportasi, menginap hingga memesan tiket masuk ke objek wisata.

"Banyak tempat pengelola wisata tiket dikelola secara konvensional, Genpi Banten mendorong pemesanan tiket secara online apa lagi saat ini dimasa pandemi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi BANTEN Ir. Hj. Eneng Nurcahyati mengatakan Genpi Banten di bentuk sejak tahun 2017, banten ke 11, saya harap Genpi Bisa memberikan kontribusi yang positif untuk kemajuan wisata Banten, Genpi silakan mengembangkan kemampuan dan tingkatkan kreatif.

Karena itu, Genpi harus meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), karena SDM kunci membangun pariwisata untuk mengembangkan Digitalisasi. "Namun tidak semua daerah memiliki sinyal internet atau blank spot seperti beberapa daerah wisata di pandeglang"

"Saya berharap Genpi bukan membangun komunikasi dengan dinas pariwisata saja tetapi dinas Diskominfo se Provinsi Banten juga harus dibangun komunikasi untuk jaringan internet zoom meting dan publikasi," katanya.

(War)

Rate this item
(0 votes)
Go to top