Tim Pakar Satgas Pusat COVID-19 Kunjungi Kab. Tangerang, Dan Berikan Apresiasi

Tangerang, lensafokus.id -- Tim Pakar Satgas COVID-19 Nasional mengunjungi Kabupaten Tangerang, dalam rangka pendampingan, penguatan, dan pembentukan Posko, sekaligus juga memantau kondisi serta kendala yang dihadapi, pertemuan tersebut di lakukan di Gedung Pendopo Bupati Tangerang, Kamis (6/5/2021).

Kunjungan terkait kajian operasional penguatan/pembentukan posko di 128 kabupaten/kota, wilayah PPKM Mikro meliputi 7 Provinsi Jawa-Bali. Hadir pada acara tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Tangerang dan sejumlah Kepala OPD terkait.

Tenaga Ahli Pendamping Satgas Covid-19 Nasional dr. Lilik Sudarwati mengatakan, Tim Pakar Satgas Covid-19 berkunjung untuk melakukan pendampingan penguatan/pembentukan posko. Kunjungan juga untuk mengidentifikasi situasi dan sumber daya yang tersedia, serta berdiskusi untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh posko satgas di tingkat kabupaten/kota.

"Kami mengapresiasi Kabupaten Tangerang telah menerapkan prokes, dan juga dalam hal pengendalian Covid-19 serta pembentukan posko, karena di Kabupaten Tangerang ini sangat kompleks sekali, saya sangat salut kepada Bupati yang mampu mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan dengan unsur terkait," Ujarnya.

Dr. Lilik menyebutkan, kasus Covid-19 hampir terjadi di seluruh dunia. WHO meminta pemerintah untuk optimal melakukan penanganan. Menurutnya, perilaku masyarakat menjadi kunci utama dalam pencegahan penyebaran Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menyampaikan penanganan yang dilakukan di Kabupaten Tangerang sudah diselaraskan dengan program pusat maupun provinsi. Penerapan kebijakan prokes menyesuaikan kondisi daerah, melalui keputusan maupun surat edaran kepala daerah. Selain itu, merefocusing dan realokasi anggaran daerah sesuai Keputusan Bersama Menkeu dan Mendagri.

"Alhamdulillah saat ini kasus Covid-19 di Kab. Tangerang melandai meskipun pada minggu lalu ada yang mengagetkan, yaitu dengan ditemukannya cluster munggahan di Kelapa Dua, tapi secara keseluruhan kondisi Covid-19 Di Kab. Tangerang bisa terkendali," Ungkapnya.

Menurutnya Pemerintah selalu bersinergi dengan jajaran Forkopimda dan elemen terkait, sehingga bisa menekan laju perkembangan, dan Ia pun berharap pasca Ramadan dan Idul Fitri tidak adanya lonjakan kasus baru Covid-19.

Dan dalam kesempatan tersebut Bupati meminta kepada Tim Satgas Pusat agar memberikan rekomendasi untuk Kab. Tangerang supaya mendapatkan pasokan vaksin Covid-19.

(Red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top