Print this page

Wabup Ajak Masyarakat Lebih Peduli Sampah

Mauk, lensafokus.id -- Pada Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN 2021) Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli Mengajak Masyarakat Kabupaten Tangerang Agar lebih peduli Terhadap Sampah.

Hal ini di sampaikan pada saat Sambutan dalam acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN 2021) yang di laksanakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatiwaringin Desa Jatiwaringin Kecamatan Mauk Kabupaten Tangerang, minggu (21/02/2021).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli Mengajak Kepada Seluruh Masyarakat Kabupaten Tangerang Khususnya masyarakat kecamatan Mauk agar peduli terhadap sampah.

"Karena dengan kepedulian kita terhadap sampah juga bisa mencegah terjadinya banjir yang saat ini memasuki musim penghujan" ucapnya.

Wabup juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Yayasan Bank Sampah Sungai Cirarab (BANKSASUCI) beserta Panitia Pelaksana dan seluruh pihak yang menginisiasi Kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021 ini.

Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Tangerang telah mengimplementasikan melalui salah satu Program Unggulan Kabupaten Tangerang Tahun 2019-2023, yaitu Program Kita Peduli Permasalahan Sampah (KIPPRAH) dalam rangka penanganan dan pengurangan volume  sampah di Kabupaten Tangerang, beberapa  program KIPPRAH antara lain :

1. Program ”Kurangi Sampah Sekolah Kita”(KURASAKI), sejak tahun 2016 dilaksanakan di 116 sekolah;
2. Program ”Kurangi Sampah Kantor” (KURASAKAN), dilaksanakan sejak Januari 2019;
3. Program pembentukan Bank Sampah di wilayah Desa/Kelurahan/Kecamatan;
4. Program Optimalisasi Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPT-3R);
5. Program Revitalisasi TPA Jatiwaringin Mauk;
6. Program Pemberdayaan Masyarakat dengan pelaksanaan sosialisasi, Bimtek dan Pelatihan tentang Pengelolaan Sampah.

" Selamat Hari Peduli Sampah Nasional untuk kita semua, yang kita peringati setiap Tanggal 21 Februari ini, semoga dengan peringatan ini dapat menambah kesadaran dan kepedulian kita terhadap pengelolaan sampah sehingga dapat menjadi nilai tambah dan kontribusi pada Visi Mewujudkan Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera." Ucap Wabup.

Sementara itu Ketua Yayasan BANKSASUCI Ade Yunus juga mengatakan, Alhamdulilah Kegiatan Kita ini Selalu di Dukung Penuh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang, Tema dalam Peringatan HPSN 2021 ini yaitu : “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Pandemi”.

Menurut Surat Edaran Menteri KLHK Siti Nurbaya tanggal 1 Februari 2021, ada tiga tujuan dari peringatan HPSN 2021, Pertama, memperkuat komitmen dan peran aktif pemerintah daerah dalam melaksanakan pengelolaan sampah dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi, Tujuan kedua adalah memperkuat partisipasi publik dalam upaya menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi dengan gerakan memilah sampah dan Tujuan HPSN 2021 yang ketiga yaitu memperkuat komitmen dan peran aktif produsen dan pelaku usaha lainnya dalam implementasi bisnis hijau (green bussiness) dengan menjadikan sampah sebagai bahan baku ekonomi.

"Penumpukan sampah di masa pandemi memang kian meningkat, terutama 'sampah Covid' seperti masker sekali pakai. Dalam peringatan HPSN ini bisa dijadikan momen untuk meningkatkan kesadaran dalam penyelesaian masalah sampah. Kita bisa turut berkontribusi dalam pengelolaan sampah dengan mengurangi penggunaan barang sekali pakai dan memilah sampah berdasarkan jenisnya." Kata Ade Yunus.

(Red)

Rate this item
(0 votes)