Print this page

Fakultas Tehnik UNIS Tangerang Terapkan Aplikasi Sistem Monitoring dan Kontrol Hidroponik di Desa Tegal Kunir Kidul, Mauk Kab. Tangerang

Foto : Fakultas Tehnik UNIS Tangerang Terapkan Aplikasi Sistem Monitoring dan Kontrol Hidroponik di Desa Tegal Kunir Kidul, Mauk Kab. Tangerang Foto : Fakultas Tehnik UNIS Tangerang Terapkan Aplikasi Sistem Monitoring dan Kontrol Hidroponik di Desa Tegal Kunir Kidul, Mauk Kab. Tangerang

TANGERANG, lensafokus.id -- Fakultas Tehnik Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang laksanakan Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) di Desa Tegal Kunir Kidul, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu kemarin (7/11/2020).

Hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang Azis Gunawan, Camat Mauk Arif Rahman, Kepaka Desa Tagal Kunir Kidul, TP PKK, Kelompok Tani, acara menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Wakil Rektor Unis Dr. Suhaya mengatakan, Bahwa Program Holistik Pembinaan Dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) adalah program mahasiswa fakultas tehnik Unis yang di implementasikan lewat rumah kasa hidroponik dibuat di balai penyuluh pertanian (BPP) Desa Tegal Kunir Kidul lengkap dengan Aplikasi Sistem Monitoring Dan Kontrol Hidroponik (SIMKRON).

SIMKRON ini bisa di fungsikan jarak jauh melalui handphone android, serta sebagai upaya Pemulihan Dampak Ekonomi (PDE). Ini sebagai wujud mendukung program ketahan pangan yang canangkan Pemkab Tangerang mekalui program unggulan.

IMG 20201108 WA0027 compress65

"Kami memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat. Dimana sistem tanam hidroponik ini, dilengkapi Aplikasi sistem SIMKRON yang bisa difungsikan kapan saja lewat android baik untuk menyiram Sayuran, memberi nutrisi ataupun mengatur PH air dan kelembaban udara," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang Azis Gunawan menyampaikan, Pembinaan dan pemberdayaan kepada masyarakat perlu dilakukan guna menunjang program Unggulan Pemerintah Kabupaten Tangerang yakni Gerakan Membangun Masyarakat Pantai (GERBANG MAPAN), Kelompok Pemuda Tani, Kelompok Wanita Tani yang di sinkronkan dengan program dari universitas yang berbasis tehnologi.

Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Unis Syekh Yusuf Tangerang, yang mana telah memberikan tehnologi tanam hidroponik dilengkapi sistem Aplikasi penyiraman, pemberian nutrisi dan kebutuhan lainya yang tidak bisa dilakukan langsung ke lokasi, namun bisa di akses lewat android meskipun jarak jauh.

"Semoga tehnologi ini bisa diterapkan dan dikembangkan nantinya bukan hanya di Desa Tegal Kunir Kidul Mauk saja, apalagi sekarang tehnologi modern sudah banyak masuk ke Pertanian yang membuat maju dan mandiri," ujar Aziz Gunawan. (IKP/Agie R)

Rate this item
(0 votes)