Print this page

Bupati Tangerang Ceritakan Sejarah Hari Jadi ke-388 dalam Webinar Bersama ICMI

Foto : Bupati Tangerang Ceritakan Sejarah Hari Jadi ke-388 dalam Webinar Bersama ICMI Foto : Bupati Tangerang Ceritakan Sejarah Hari Jadi ke-388 dalam Webinar Bersama ICMI

Tigaraksa, lensafokus.id - Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar Ceritakan Sejarah Hari Jadi Kabupaten Tangerang yang sebelumnya ditetapkan pada tanggal 27 Desember 1943 menjadi 13 Oktober 1632 dalam Webinar Bersama Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Tangerang.

Menjadi Pembicara Utama dalam Webinar ICMI yang bertema 388 Tahun Refleksi Perjalanan Kab.Tangerang, Bupati Zaki Menjelaskan bahwa Sebelumnya adanya beberapa perbedaan pandangan tentang hari jadi Kab.Tangerang, Usia ke-76 Tahun itu dipandang tidak logis, karena lahirnya Kabupaten Tangerang tanggal 27 Desember 1943 dipandang sebagai pemberian Pemerintahan Jepang, tidak menunjukkan nilai heroik masyarakat Tangerang.

Lanjutnya, untuk itu Pemerintah Daerah, DPRD, Balai Adat Kearyaan, Sejarawan, Alim Ulama dan Tokoh Masyarakat Kembali Mengkaji bersama peserta Seminar Uji Publik pada 21 November 2018 yang Pembahasan Perubahan Hari Jadi Kabupaten Tangerang selama 2 tahun (2018 - 2019).

Zaki juga kembali menjelaskan bahwa pada tanggal 13 Oktober 1632 adalah hari dimana tiga bangsawan Banten yaitu Arya Wangsakara, Arya Jaya Santika, Arya Yudha Negara Dilantik oleh Kesultanan Banten untuk memimpin wilayah Tangerang, Ketiga nya pertama kali menempati wilayah yang sekarang disebut TIGARAKSA, yang menjadi awal mula berdirinya Kabupaten Tangerang.

IMG 20201015 WA0024 compress9

"Maka 13 Oktober 1632 ditetapkan sebagai hari lahirnya Kabupaten Tangerang dengan disahkan dan ditetapkannya Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2020 tentang Ditetapkan tanggal 13 Oktober 1632 sebagai Hari Jadi Kabupaten Tangerang ke 388" ucap Zaki.

Zaki juga mengatakan, dengan di gantinya Hari jadi Kab.Tangerang ini memberikan kepastian hukum, keterbukaan publik, kejelasan, dan informasi yang akurat, menjadikan tonggak baru perjuangan, untuk memupuk dan membangkitkan semangat cinta Tanah Air khususnya kepada Kabupaten Tangerang dalam Membangkitkan kebanggaan daerah Menciptakan kebersamaan dan Kemajuan bagi masyarakat Kabupaten Tangerang.

Sementara itu Ketua ICMI Kabupaten Tangerang Maksis Sakhabi, M.AP juga Mecupakan selamat hari jadi Kabupaten Tangerang yang ke-388 yang jatuh pada Tanggal 13 oktober 1632.

Lanjutnya, Ini suatu torehan sejarah Kabupaten Tangerang oleh Bupati Zaki dalam konteks menjadikan Spirit Masyarakat Kab.Tangerang dan tentunya makin meningkat semangat Nasionalisme yang tinggi.

"Semoga di Hari jadi Kabupaten Tangerang yang ke-388 ini menjadikan Tangerang semakin Gemilang" ucapnya. (IKP/Agie R)

Rate this item
(0 votes)