DPC PKB Kab.Lebak, Dirikan Posko Pengungsian dan Donasi Kepada Korban Terdampak Banjir

Ketua DPC PKB  Kab. Lebak, H. Efu Saefullah, menyerahkan bantuan kepada korban terdampak banjir dan longsor  di Kampung Gunung Julang, Desa Lebak, Situ, Kec. Lebakgedong. Ketua DPC PKB Kab. Lebak, H. Efu Saefullah, menyerahkan bantuan kepada korban terdampak banjir dan longsor di Kampung Gunung Julang, Desa Lebak, Situ, Kec. Lebakgedong.

Lebak,Lensafokus; Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, bersama kader dan simpatisan  membuka posko bantuan di kawasan terisolir di Kampung Gunung Julang, Desa Lebaksitu, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak.

Desa Gunung Julang, merupakan salah satu  dari 28 desa di wilayah Kabupaten Lebak, yang diterjang longsor dan banjir yang terjadi pada,Rabu (1/1) lalu.  Warga di desa ini merasakan dampak yang cukup berat, akibat  bencana tersebut, karena daerahnya berada di bukit kawasan Gunung Halimun Salak.

Ketua DPC PKB Lebak, H. Efu Saefullah, S.Kom, menjelaskan, sejak musibah menimpa warga di wilayah Lebak, pengurus DPC  PKB Lebak terjun ke lokasi dan yang pertama di kunjungi, Kampung Somang, Desa Sukarame, Kecamatan Sajira.  Di kampung ini, DPC PKB  mendirikan posko tenda untuk tempat  berteduh  korban terdampak dan pusat pendistribusian logistik donasi.  

Kemudian, empat hari setelah terjadi bencana, Ahad (4/1),  kami menerima laporan dari warga dan  relawan, bahwa para korban terdampak  di Kampung Gunung Julang, Desa Lebak Situ, Kecamatan Lebakgedong,  belum tersentuh bantuan/donasi  sehubungan wilayahnya terisolasi dan sulit dijangkau.

“Setelah semua persiapan barang dan kebutuhan yang diperlukan warga terdampak bencana terkumpul, maka  pada hari Sabtu (11/1), pengurus DPC PKB  Kab.Lebak bersama para kader, berangkat  menuju lokasi Lebak Situ” jelas  H. Efu Saefullah  yang juga anggota DPRD Provinsi Banten ini.

pkb bencana

Perjalanan dari kota Rangkasbitung  menuju kampung Gunung Julang, ditempuh dengan waktu 10 jam lebih.  Perjalanan cukup sulit, karena  beberapa ruas jalan amblas dan tertimbun longsor. Sekitar pukul 16.25 WIB, tim kemanusiaan dari PKB tiba di kampung ini dan langsung mendirikan posko.

Bentuk bantuan yang diberikan kepada warga, adalah membagikan 100 liter minyak tanah dan 200 buah  lampu tempel, untuk kebutuhan penerangan.  Kemudian, menyerahkan 100 liter BBM Pertalite untuk  bahan bakar genset.

pkb bencana 2

Keesokan harinya,  Ahad (12/1), membantu membersihkan rumah  warga  dan sekolah SD/SLTP  satu atap dari reruntuhan puing dan lumpur,  membagikan kebutuhan makanan; mie instan, pasir, kopi dan air mineral serta bantuan lainya.

Sebagimana diberitakan sebelumnya,  sebanyak 28 desa di 6  kecamatan; Lebakgedong, Cipanas, Sajira, Cimarga,  Curugbitung dan Maja, di hantam banjir bandang/longsor akibat  meluapnya  sungai Ciberang dan longsornya bukit di kawasan Gunung  Halimun Salak.   

Banjir dan longsor  mengakibatkan 10 orang tewas, 30 unit jembatan gantung/permanen rusak  dan putus,  19 unit sekolah ambruk/hanyut,  1.110 rumah terenda, 521  unit rumah rusak ringan,1.410 unit rumah rusak berat, yang menyebabkan 2.913 KK  (11.652 jiwa)  terpaksa hatus mengungsi.  Para korban terdampak banjir untuk  sementara di tampung di  7 Posko penampungan yang tersebar di sekitar lokasi bencana.---(dimas/em)

Rate this item
(0 votes)
Go to top