Print this page

Diskominfo Gelar Bimtek Aplikasi Pengduan "TANGERANG GEMILANG" Dan "SIMPATIK" Bagi OPD

Foto : Diakominfo For Lensa Fokus Foto : Diakominfo For Lensa Fokus

Tigaraksa, lensafokus.id - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang menggelar Bimbingan Teknis aplikasi pengaduan 'Tangerang Gemilang' dan 'Simpatik'
(Sistem Informasi Manajemen Persuratan Elektronik) kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang bertempat di Ruang Rapat Bola Sundul Gedung Usaha-Usaha Daerah Puspemkab Tangerang pada Selasa (07/01/2020).

Tini Wartini selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dalam pembukaan kegiatan tersebut menjelaskan bahwa setiap OPD harus cepat dan
tanggap dalam menangani pengaduan dari masyarakat. Ia juga berterima kasih dan mengapresiasi kepada seluruh OPD yang sudah aktif dalam membangun media sosialnya.

"Masing-masing OPD menyiapkan operator untuk menjawab pengaduan dari masyarakat agar laporan cepat ditindaklanjuti. Respon harus cepat dan informatif. Bagi OPD yang sudah aktif dan berjalan Saya ucapkan terima kasih, mohon untuk dipertahankan. Bagi yang masih merah, laporan secara berkala senantiasa Kami sampaikan kepada Pimpinan." ujar Tini

Tini melanjutkan, bahwa kegiatan ini adalah pelatihan pertama aplikasi baru tentang pengaduan sesuai instruksi Bupati Tangerang. Aplikasi berbasis Android yang diluncurkan oleh Bupati Tangerang pada malam puncak HUT ke-76 Kabupaten Tangerang di Tigaraksa ini dapat diunduh oleh masyarakat melalui alamat gemilang.tangerangkab.go.id atau melalui Google Playstore dengan kata kunci "Tangerang Gemilang".

Di akhir sambutannya, Tini yang merupakan mantan Sekdis Pendidikan itu menjelaskan bahwa 3 kanal pengaduan Pemerintah Kabupaten Tangerang saat ini melalui:
1. Media Sosial Resmi Pemerintah Kabupaten Tangerang beserta Organisasi Perangkat Daerah
2. Aplikasi berbasis Android "Tangerang Gemilang"
3. Website / Aplikasi berbasis Android Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) lapor.go.id
"Jadi sesuai Instruksi Pak Bupati, Kita sudah mengadakan pelatihan medsos di akhir Desember 2019. Dan kali ini aplikasi pengaduan berbasis Android Gemilang, hal ini tentu melengkapi kanal-kanal pengaduan masyarakat yang harus direspon dengan cepat oleh Para OPD, termasuk SP4N-LAPOR dimana Kabupaten Tangerang sedang dijadikan proyek percontohan Nasional", ujar Tini.

Sedangkan mengenai Aplikasi Simpatik, Kepala Bidang Telematika, Bangbang Ismail menyampaikan bahwa Aplikasi Simpatik ini sedang proses pembangunan dan sosialisasi untuk diterapkan di OPD Kab. Tangerang.
"Aplikasi Simpatik ini dibangun untuk Manajemen Persuratan Elektronik gunanya untuk memudahkan distribusi dan disposisi persuratan di lingkup Pemerintah Kabupaten Tangerang, akan dikembangkan dengan implementasi tanda tangan elektronik yang sudah dikerjasamakan dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)", ungkap Bangbang.

Bangbang mengungkapkan optimisme bahwa ini bisa berjalan dengan baik.
"Kami harap ini bisa mulai diterapkan secara bertahap, dan akan terus ditingkatkan dengan pelatihan-pelatihan yang akan datang", tutup Bangbang.

Dalam kegiatan ini hadir juga Para Pejabat di lingkup Diskominfo Kabupaten Tangerang beserta Tenaga Ahli TIK dan Administrator Media Sosial Pemerintah Kabupaten Tangerang.
(Agie R/Rls/Diskominfo)

Rate this item
(0 votes)

Related items