Antisipasi Banjir, Warga Bersih-bersih Saluran Air

Antisipasi Banjir, Warga Bersih-bersih Saluran Air Foto: Mad Sutisna/Lensa Fokus

TANGERANG, lensafokus - Warga Kampung Jamblang RT 05/01, Desa Rawakidang, Kecamatan Sukadiri, gotong-royong bersihkan saluran air, Senin (16/12/2019). Hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya banjir, ketika memasuki musim penghujan.

Pjs. Kepala Desa Rawakidang,  Warta mengatakan, kerja bakti ini merupakan kegiatan Jumat bersih yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali, terlebih saat ini sudah masuk musim hujan. Kegiatan ini juga untuk antisipasi genangan dan banjir serta mewujudkan lingkungan yang bersih serta sehat.

“Saluran tidak boleh ada yang tersumbat dan harus terhubung, sehingga aliran air lancar dan tidak menimbulkan genangan,” kata Warta kepada Wartawan.

IMG 20191216 WA0097

Menurut Warta, kegiatan bersih-bersih ini juga dilakukan oleh masyarakat yang bergotong-royong bersama pejabat desa, dan petugas DLHK. Warta mengatakan, ini merupakan bentuk kepedulian bersama dalam memelihara lingkungan, karena jika dibiarkan, khawatir penyakit akan menumpuk dilingkungan Rawakidang, sehingga mengganggu kesehatan masyarakat.

“Warga juga membersihkan lingkungannya sehingga bersih dan sehat, ini kepedulian kita bersama, untuk menciptakan lingkungan yang bersih, dan mendukung program pola hidup sehat, ” katanya.

Sementara itu, Muhammad Sadi warga Kampung Jamblang RT 05/RW 01, Desa Rawakidang menambahkan, 

Sedikit demi sedikit masyarakat sudah mulai sadar terhadap pentingnya memelihara kebersihan lingkungan, karena jika lingkungan kotor, yang terkena dampaknya pasti warha sekitar.

"Sekarang sudah mulai sadar warga juga, mulai peduli dengan lingkungan, walaupun masih ada beberapa yang acuh dan tidak peduli dengan kebersihan," katanya.

Lanjut Sadi, saat ini masih ada yang kurang untuk menjaga lingkungan hidup yang bersih dan sehat. Yaitu fasilitas tempat pembuangan sampah sementara. Menurut Sadi, warga membutuhkan tempat untuk pembuangan sampah sementara.

"Kami berharap fasilitas pembuangan sampah ditambah, karena ketika masyarakat mulai sadar, pentingnya menjaga lingkungan, akan percuma jika tidak lengkapi dengan fasilitas. Misalnya ada tempat sampah disetiap pinggir jalan, agar tidak ada lagi warga yang menumpuk sampah dipinggir jalan," harapnya. (Mad Sutisna)

Rate this item
(0 votes)
Go to top