MENPAN RB Tetapkan RSUD Balaraja Sebagai Pelayanan Publik Sangat Baik

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang For Lensa Fokus Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang For Lensa Fokus

Batam, lensagokus.id - RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang ditetapkan sebagai pelayanan publik terbaik di wilayah I oleh Kementerian Pendayagunaan Aparstur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI. RSUD Balaraja memperoleh nilai sangat baik atas kinerjanya dalam pelayanan publik di bidang pelayanan kesehatan.

Atas prestasi tersebut, Menteri Pendayagunaan Apatatur Negara dan RB RI Tjajoh Kumolo menyerahkan penghargaan pelayanan publik secara langsung kepada Wakil Bupati Tangerang H Mad Ramli, di Hotel Aston Batam, Kepulauan Riau, Kamis (7/11 2019).

Penghargaan pelayanan publik yang di raih pemerintah Kabupaten Tangerang dalam hal ini OPD RSUD Balaraja merupakan hasil evaluasi kinerja unit penyelenggaraan pelayanan publik dari Menpan RB RI pada tahun 2019.

Menteri Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengucapkan selamat kepada pemerintah provinsi dan dan kabupaten kota yang telah ditetapkan sebagai pelayanan publik terbaik dan pelayanan prima. Untuk mendapatkan pelayanan publik yang maksimal ini perlu kerja keras bagi setiap pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

"Semoga menjadi contoh bagi daerah lain dalam meningkatkan pelayanan publik. Mudahan hasil dan evaluasi pelayanan publik ini bisa berproses reformasi berokrasi," ujar Tjahjo Kumolo

Perkembangan pelayanan publik ini sangat luar biasa. Karena itu aspirasi masyarakat wajib di laksanakan oleh OPD sampai ke ke kecamatan dan tingkat desa.

Percepatan reformasih menjadi sebuah kebutuhan karena visi misi presiden dan wakil presiden RI 2019_2024.
Kita harus memposisikan sebagai pelayanan publik, bekerja dengsn jelas, bekerja berorintasi hasil, sehingga publik merasa puas dengan hasil kerja pemerintah.

Wakil Bupati Tangerang H. Mad Romli ysng di jumpai di lokasi mengaku sangat bersyukur atas di capaian Pemkab Tangerang melalui OPD RSUD Balaraja memperoleh sangat baik.

"Penghargaan ini bisa menjadikan motivasi untuk OPD lain di Kabupaten Tangerang dalam meningkatkan pelayanan publik, begitu juga rumah sakit lain yang dimiliki kabupaten Tangerang seperti Rumah Sakit Tangerang dan Rumah Sakit Pakuhaji bisa meningkatkan pelayanan publik,," ujar Mad Romli.

Penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan RB hari ini yang di capai oleh RSUD Balaraja berkategori sangat baik dan mudah-mudahan tahun berikutnya jadi kategori pelayanan prima.

"Saya harap tahun berikutnya ada peningkatan penghargaan jadi A yaitu kategori pelayanan prima, sesuai standar dari Menpan RB," harap Mad Romli.

Selain RSUD Balaraja dalam penilaian pelayanan publik tahun 2019 ini DPMPTSP Dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang juga meraih penghargaan kategori baik (B) dalam pelayanan publik.

Direktur RSUD Balaraja Kabupaten Tangerang dr.Hj.Rr.Reniati,M.Kes mengucapkan alhmdulilah pelayanan di rumah sakit umum balaraja mendapatkan penghargaan peringkat A pelayanan sangat baik, yang tahun sebelumnya mendapatkan penghargaan baik (B).

Reniati melanjutkan bahwa Rumah sakit umum balaraja selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan di tambah aplikasi yang kita bangun yaitu si jempol, aplikasi jempul ini sudah banyak pictur yang di layani dari pendaftaran, kamar rawat inap yang kosong dan doktor spesialis yang hadir di rumah sakit.

"Aplikasi yang kita bangun si jempol dan si awak cager untuk bpjs sangat membantu masyarakat Kab Tangerang sangat membantu untuk pendaftaran melalui online," kata Reniati

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tangerang Drs Syafrudin M.Si mengatakan bahwa pada tahun ini dinas yang dipimpinya meraih predikat baik (B) artinya ada peningkatan dua tingkat dari tahun sebelumnya yaitu cukup (C-).

Syafrudin mantan Camat Balaraja ini melanjutkan untuk meningkatkan pelayanan publik di dinas yang dipimpinya akan melakukan perbaikan berdasarkan hasil evaluasi penilaian pelayanan publik dari Menpan RB, seperti aplikasi pelayanan pembustan KTP, KK, dan Kartu Anak Indonesia.

"Hasil ini kami akan melakukan evaluasi untuk peningkatan pelayanan publik di bidang kependudukan, dan kami beryukur atas pencapaian pelayanan publik tahun 2019 ini," ujar Syafrudin.

Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tsngerang Cupi Mutiani menjelaskan dalam penilaian pelayanan publik oleh Menpan RB ini ada 6 kriteria
Instrumen evaluasi pelayanan publik yang dinilai yaitu : kriteria kebijakan pelayanan, Profesionalisme SDM, Srana prasaranasi, sisem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan dan inovasi.

Berdasarkan Permenpan RB RI nomor 17 tahun 2017 tentang pelayanan publik, bahwa evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik yang d laksanakan oleh Kemenpan RB RI sejak tahun 2016 yang obyeknya antara lain Dinas Penanaman Modan dan Pelsyanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan RSUD.

"Setiap kepala daerah selaku pembina penyelenggaran pelayanan publik harus selalu berupaya untuk meningkatkan kwalitas pelayanan terutama pada perangkat daerah dimaksud," ujar Cupi

Pada tahun 2019 ini pemerintah Kabupaten Tangerang Kemenpan RB RI telah mengevaluasi perangkat daerah di Kabupaten Tangerang yaitu DPMPTSP ,DKPS dan RSUD Balaraja, dengan hasil sebagai berikut: RSUD Balaraja mendapatkan predikat kriteria pelayanan publik sangat baik (A-), DPMPTSP dan DKPS mendapatkan predikat penyelenggara pelayanan publik kriteria baik (B).

"prestasi ini tidak terlepas dari pembinaan kepala daerah bapak bupati selaku pembina penyelanggaraan pelayanan publik d kabupaten tangerang " ujar Cupi kepada tim infokom yang liput langsung penerimaan penghargaan dari Batam.

Diketahui bahwa Wilayah I ada 80 pemerintah Provinsi dan Kabupsten/kota yang dinilai oleh Menpan Rb. Dalam penilaian pelayanan publik tahun 2019 ini Kota Bogor dan Kota Bandung meraih prestasi pelayanan prima karena ke tiga dinas yang dinilai yaitu RSUD, DPMPTSP dan DKPS semuanya meraih pelayanan prima.
(Agie/Rls/Diskominfo)

Rate this item
(0 votes)
Go to top