Krisis Air Bersih, Pemkab Tangerang Cepat Tanggap Layani Masyarakat

Foto : Infokom For Lensa Fokus Foto : Infokom For Lensa Fokus

Panongan, lensafokus.id - Akibat musim kemarau yang cukup panjang sejumlah desa pada 29 kecamatan di wilayah Kabupaten Tangerang mengalami kekeringan. Namun demikian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang terus berupaya memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat, terutama soal kebutuhan air bersih.

Kabid Informasi dan Komunikasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Tangerang, Abdul Munir, menjelaskan, pihaknya terus menggali informasi tentang masyarakat yang mengalami krisis air bersih akibat kemarau panjang ini. Pihaknya juga menerima keluhan dari masyarakat.

Namun demikian, kata Munir, mengingat banyaknya wilayah yang mengalami krisis air bersih, dan membutuhkan bantuan, masyarakat hendaknya bersurat ke pihak Pemkab Tangerang melalui Dinas Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB), Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pemakaman dan DPMPTSP Kabupaten Tangerang.

"Dampak kekeringan ini banyak permohonan bantua air bersih yang ditujukan ke Pemkab Tagerang melalui OPD terkait," ujar Abdul Munir;

Dijelaskan Munir, pada hari ini Rabu tanggal 10 Oktober 2019, Pemkab Tangerang melalui BPBD mengirimkan bantuan air 4.000 liter ke Desa Mekar Jaya Kecamatan Panongan.

Widi Hatmoko, salah seorang tokoh masyarakat di wilayah Kecamatan Panongan mengungkapkan, Pemkab Tangerang cukup sigap dalam menghadapi persoalan masyarakat terkait air bersih ini. Karena, kata Widi, begitu dirinya menerima keluhan masyarakat, dan melayangkan surat pada dinas terkait, langsung mendapatkan respon.

"Begitu kita layangkan surat, Pemkab Tangerang melalui DPBD langsung mengirimkan air bersih. Kami atas nama warga yang menerima bantuan air bersih mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemkab Tangerang," ungkap Widi Hatmoko.

Widi juga mengungkapkan, kali ini pihaknya bersama-sama dengan tokoh masyarakat Desa Mekar Jaya, Kecamatan Panongan, mengajukan bantuan air bersih di wilayah desa tersebut.

Nandang Ardiyansah, salah seorang tokoh masyarakat Desa Mekar Jaya mengatakan, saat ini sudah dikirim satu mobil damkar dari DPBD Kabupaten Tangerang. Nandang berharap, Pemkab Tangerang bisa memberikan bantuan air bersih kepada masyarakat di desanya secara merata.

"Allhamdulillah, hari ini kita kirim surat langsung dikirim. Baru satu mobil. Kita berharap, bantuan air bersih ini nantinya merata di masyarakat. Karena wilayah Desa Mekar Jaya ini hampir sebagian mengaalami kekeringan. Teriakasih kepada Pemkab Tangerang dan Bapak Bupati yang telah cepat tanggap dalam merespon kebutuhan masyarakat," pungkasnya.
(Agie/Rls/Diskominfo)

Rate this item
(0 votes)
Go to top