Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gelar Bina Wilayah di Desa Ancol Pasir

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gelar Bina Wilayah di Desa Ancol Pasir Foto: Riska/Lensa Fokus

TANGERANG - Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang Yuli Zaki Iskandar menggelar Bina Wilayah di desa-desa dan kelurahan se-Kabupaten Tangerang, salah satunya di Desa Ancol Pasir, Kecamatan Jambe.

Mekanisme dan jaringan kerja PKK dari Tim Penggerak PKK Pusat sampai dengan Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan, Kelompok PKK Dusun/Lingkungan, Kelompok PKK RW/RT dan Kelompok Dasa Wisma terbentuk karena gerakan PKK

Yuli Zaki Iskandar menjelaskan PKK merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pembangunan masyarakat, karena itu PKK menggunakan mekanisme penyelenggaraan pembangunan masyarakat yang terus bergerak dari tingkat daerah hingga ke pelosok desa.

IMG 20190820 WA0127

“PKK merupakan gerakan yang terus membangun, mulai dari kota hingga pelosok desa tak akan berhenti untuk memberikan pemahaman akan pentingnya 10 program Pokok PKK,” ungkap Yuli Zaki yang turun melakukan pembinaan ke desa-dasa.

PKK sendiri mempunyai 10 Program Pokok, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tatalaksana Rumah Tangga, Pendidikan dan Keterampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup, Perencanaan Sehat. Semua itu akan terus digelorakan kepada kader-kader PKK.

“Untuk melaksanakan 10 Program Pokok PKK tersebut, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pembinaan sampai fasilitasi kepada mereka hingga mencerdaskan bangsa pada akhirnya,” tutup Yuli Zaki Iskandar ketua TP PKK segudang prestasi.

IMG 20190820 WA0138

Sementara, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Ancol Pasir Acih Sukarsih menjelaskan PKK Ancol Pasir terus melakukan pembinaan tugas dan fungsinya mulai dari Pokja l, Pokja II, Pokja III, Pokja IV, Sekretaris hingga Bendahara.

“Semua Pokja kita maksimalkan penerapan tugas dan fungsinya, lebih mengedepankan kelembagaan yang sehat memfasilitasi masyarakat kearah yang lebih sehat,” jelas Acih yang juga ibu Kepala Desa Ancol Pasir.

Setelah melakukan pembinaan di Kantor Desa Ancol Pasir, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang langsung meninjau Kebun PKK, BKB, BKL, UP2K, sekaligus memberikan santunan kepada anak yatim hingga rumah contoh bersih sehat dan lingkungan disekitarnya.

Harapan Pjs Kepala Desa Ancol Pasir Juhri, merasa bersyukur dan bangga karena wilayahnya dikunjungi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang dalam rangka Bina Wilayah.

Sementara, Camat Jambe Heru Utari merasa bersyukur sekali, harapannya semoga dengan adanya kegiatan ini bisa memotivasi para kader kader PKK di tingkat desa maupun tingkat kecamatan.

"Untuk daerah Jambe, dari 10 desa yang terpilih dan ditunjuk adalah Desa Ancol Pasir dan alhmdulilah sudah berjalan lancar walupun belum tau hasilnya bagaimana, tap harapan saya semoga Jambe bisa menjadi yang terbaik," harapanya. (rls/riska)

Rate this item
(1 Vote)
Go to top