Prosesi Upacara Peringatan HUT RI ke-74 di Berjalan Penuh Khidmat

Prosesi Upacara Peringatan HUT RI ke-74 di Berjalan Penuh Khidmat Foto: Infokom for Lensa Fokus

TIGARAKSA - Prosesi upacara pengibaran dan Bendera Pusaka dalam rangka HUT RI ke-74 tingkat Kabupaten Tangerang berlangsung khidmat dan meriah pada Sabtu, (17/8/2019). Upacara HUT RI ke-74 dilaksanakan di lapangan Maulana Yudha Negara, Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Tigaraksa.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Tangerang A.Zaki Iskandar langsung, dan turut hadir juga Wakil Bupati Tangerang H. Mad Romli, Sekda Kabupaten Tangerang beserta seluruh jajaran SKPD, Jajaran TNI dan Polri, pelajar dan Instansi serta tamu undangan.  Masyarakat pun turut hadir menyaksikan prosesi peringatan HUT RI ke 74. Pembacaan Teks Proklamasi secara langsung diucapkan oleh Ketua DPRD Kabupaten Tangerang.

Prosesi acara ini berlangsung hingga menjelang malam hari, dimana upacara pengibaran dilakukan di pagi hari dan penurunan Bendera atau gelar senja dilakukan sore hari. Sebelum acara tersebut pemkab Tangerang telah melakukan serangkaian kegiatan HUT RI, seperti seleksi paskibraka, pengukuhan paskibraka, gerak jalan di beberapa kecamatan, pawai obor (taptu), renungan suci, beragam lomba olahara, serta rangkaian acara lainnya.

IMG 20190817 WA0011

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menyebut, upacara HUT RI ke-74 menjadi representasi semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depa yang lebih baik, sesuai dengan Tema Besar HUT RI ke-74 ‘ SDM Unggul Indonesia Maju’ kita selaku penerus para pejung terdahulu wajib meneruskan apa yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa sesuai dengan bidang kita masing-masing.

Upacara Dirgahayu Republik Indonesia yang ke 74 tingkat Kabupaten Tangerang baru saja kita selesai upacara penaikan bendera kemudian juga tadi launching dari kerjasama antara Bank Jabar Tokopedia dan Bukalapak dengan Bapenda Kabupaten Tangerang untuk program pembayaran PBB P2 melalui Tokopedia dan Bukalapak.

"Mudah-mudahan kegiatan hari ini semuanya bisa menggambarkan kemeriahan dan juga tema dari ulang tahun RI yaitu SDM unggul Indonesia maju, dalam hal ini Kita merupakan Kabupaten yang pertama melakukan kerjasama pembayaran PBB 2 dengan Tokopedia dan Bukalapak, ini patut kita banggakan," ungkap Zaki Iskandar.

Pada acara tersebut juga Bupati Zaki Iskandar melakukan launching Pembayaran PBB-P2 melalui E Commerce bersama bank BJB, Tokopedia dan Bukalapak. Dalam kesempatan itu, Bupati melihat secara langsung simulasi pembayaran pajak bersama tim Bank BJB di lokasi yang sama, Lapangan Upacara Maulana Yudha Negara, Tigaraksa setelah pelaksanaan Upacara Pengibaran Duplikat Bendera Pusaka.

Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang Soma Atmaja, mengatakan "alasan di launching kemudahan pembayaran pbb ini guna memudahkan masyarakat untuk membayar kewajiban pajaknya, karena dilihat di kabupaten Tangerang, jumlah wajib pajak kita hampir 1 juta wajib pajak, lalu dipilih tanggal 17 Agustus, bertepatan dengan HUT RI, saat upacara biasanya ramai masyarakat yang hadir, jadi bisa sekalian juga diperlihatkan ke masyarakat, bahwa bayar pajak sekarang mudah, tinggal pake tokopedia atau bukapalak.” Ujarnya.

Dalam acara launching tersebut, nantinya akan ditampilkan video tutorial pembayaran melalui bank bjb serta tokopedia dan bukalapak melalui videotron yang sudah terpasang di lapangan upacara, sehingga nantinya semua tamu undangan bisa menyaksikan seacara langsung video tutorial tersebut.

Menjelang upacara penurunan (gelar senja) Duplikat Bendera Pusaka, tamu undangan dan masyarakat serta seluruh peserta upacara disuguhkan penampilan-penampilan yang menarik dari berbagai kesenian di Kabupaten Tangerang, juga penampilan dari marching band yang membuat terkesima masyatakat.

“Saya sangat bangga masyarakat dan terutama generasi muda kita sangat antusias menyambut HUT RI ke-74 Tingkat Kabupaten Tangerang, saya juga sangat mengapresiasi dengan terselenggaranya rangkaian HUT RI ke-74 yang amat meriah ini, dan juga saya sangat bangga atas inovasi yang dilakukan oleh Dispenda terutama Bidang PBB P2 atas di launching pembayaran melalui Bukalapak dan Tokopedia,” ucap Moch. Maesyal Rasyied, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang. (agie/rls/infokom)

Rate this item
(0 votes)
Go to top