Pastikan Kelayakan Hewan Kurban, Zaki Tinjau Lapak Penjual

Pastikan Kelayakan Hewan Kurban, Zaki Tinjau Lapak Penjual Foto: Mad Sutisna/Lensa Fokus

TANGERANG - Jelang Idul Adha Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar bersama Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang meninjau lapak penjual hewan kurban guna memastikan kelayakan, keamanan dan kesehatan hewan kurban.

Kunjungan dilakukan di beberapa lokasi lapak penjual hewan kurban yang tersebar di Kecamatan Kelapa Dua seperti Kelurahan Bencongan Indah, dan area Situ Kelapa Dua, Rabu (7/8/2019).

Zaki mengatakan, kunjungan ini dalam rangka memeriksaan kesehatan hewan kurban sebelum dilakukan pemotongan dan sesudah pemotongan. 

"Semuanya sehat, kita sudah lakukan pengecekan secara menyeluruh," ucap Zaki.

Ia menuturkan, hewan kurban yang berada di Kabupaten Tangerang, khususnya di Kelapa Dua ini layak disembelih dan dikonsumsi masyarakat.  Hal itu dibuktikan juga melalui beberapa pemeriksaan oleh dokter hewan dan petugas lainnya melalui sampel darah, pemeriksaan gigi dan fisik.

"Alhamdulillah sudah hampir 100% pemeriksaan dan seluruhnya dalam keadaan kategori ASUH (aman sehat utuh dan halal) jadi katagori asuh semuanya," pungkasnya.

Menurutnya, di lihat dari fisik, kata dia, semua hewan kurban dalam keadaan sehat, baik kambing, sapi dan juga domba. Dari segi usia sudah masuk semua, untuk sapi di atas 2 tahun dan untuk kambing di atas 1 tahun. 

"Secara umum semua sudah layak dan aman sesuai sariat islam," tukasnya. 

Sementara itu, Gufron selaku pedagang hewan kurban di wilayah Situ Kelapa Dua mengatakan bahwa hewan kurban di sini semua berasal dari luar daerah, untuk sapi berasal dari Bali, Bima, Dan daerah Jawa, sedangkan kambing kebanyakan dari Cianjur dan sekitarnya dan sudah dilakukan pengecekan oleh petugas dan dinyatakan layak jual dan layak konsumsi.

"Di sini ada sekitar 250 hewan kurban sapi dan kambing yang telah diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan, maka dari itu masyarakat jangan takut untuk membeli hewan kurban di tempat kami," imbaunya. (Mad Sutisna)

Rate this item
(0 votes)
Go to top