Print this page

Ciptakan Suasana Damai, Gereja Katolik St Adakan Buka Bersama Warga Muslim Cikasungka

Ciptakan Suasana Damai, Gereja Katolik St Adakan Buka Bersama Warga Muslim Cikasungka Foto: Riska/Lensa Fokus

TANGERANG - Di bulan suci Ramadhan tahun 1440 H ini, Gereja Katolik St. Pastur Albertus Agung mengadakan acara buka puasa bersama untuk umat Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa bertempat di Kampung Peusar RT 013/RW 03 Desa Cikasungka, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Sabtu (25/5/2019).

Dengan tema “Berbagi Untuk Menjalin Kerukunan Dalam Hikmat dan Bermartabat” karena di dalamnya terlibat Umat Katolik dan Umat Islam, khususnya umat muslim yang ada di Kecamatan Solear saling menjalin persatuan dan kesatuan demi keutuhan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.

Kebersamaan antar umat beragama ini untuk menciptakan suasana yang harmonis dan kondusif di wilayah Kecamatan Solear. 

Acara dihadiri sekitar 150 orang lebih, terlihat hadir dalam acara tersebut Danramil Solear, Danramil Panongan, Kapolsek Cisoka, GP Ansor, Kasat Pol PP Solear, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Romo Felik Pimpinan Gereja St. Odilia Citra Raya, Pokdar Kemtibmas Polsek Cisoka, Paguyuban Pemuda, Jaro, dan RT, tokoh agama dan masyarakat setempat.

Danramil Solear Kapten Burhanudin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua unsur dan lembaga, terutama kepada Kecamatan Cisoka, Kecamatan solear, Kecamatan Jayanti, Kapolsek Cisoka, Danramil, PP dan unsur lainya.

Dalam rangka buka bersama ini, lanjut Danramil, mari kita ciptakan suasana yang baik saling menghargai dan menghormati demi persatuan dan kesatuan bangsa, hubungan manusia dengan manusia ukhuwah Islamiyah harus tetap kita jaga yang terpenting masih dalam kegiatan yang baik.

Camat Solear yang diwakili Agus Haerudin sekaligus pimpin dari PP mengatakan, dirinya hadir mewakili Kecamatan Solear dan mohon maaf atas tak bisa hadirnya camat Solear karena dalam waktu bersamaan beliau ada kegiatan di tempat lain. "Semoga kebersamaan serta hubungan antar sesama umat beragama tetap terjaga dan saling hormat menghormati diantara kita," harapnya.

Sementara, tokoh masyarkat Cisoka Madrofi merasa bersyukur karena masyarakat bisa saling harga menghargai antar sesama umat beragama, sehingga tercipta suasana damai dan tidak ada perpecahan.

Bruno Teva sebagi tokoh agama katolik mengatakan adanya kegiatan ini bisa menjalin kebersamaan, menjalin hubungan yang erat dan Kebhinekaan dan tidak hanya sampai disini, kekeluargaan antar umat beragama harus terus terjaga agar kita dapat hidup rukun damai dan sentosa.

Kapolsek Cisoka AKP Uka Subakti, SH mengatakan, menyinggung masalah pilpres dan pileg mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat sudah melakukan hal yang terbaik tidak melakukan hal yang negatif dalam arti menjaga keamanan dan kenyamanan setelah Pemilu 17 April lalu.

"Dengan diadakan giat buka bersama ini sangat baik guna menjalin hubungan antara umat beragama dan saling menjalin toleransi beragama yang ada di Cisoka dan sekitarnya,” ungkap Kapolsek.

Pimpinan Gereja Katolik St. Odilia Citra Raya Romo Felix Suprapto mengatakan, mari kita tingkatkan, ciptakan kebersamaan kerukunan antar umat dan berlomba-lomba dalam kebaikan, termasuk hal ini melakukan buka puasa bersama dengan umat Islam

"Apa yang kita lakukan positif hasilnya akan baik, saya sangat bahagia sekali bisa bersama-sama dengan saudara-saudara kita umat muslim bisa melakukan kegiatan buka puasa bersama ditempat yang sederhana ini, semoga kegiatan ini bisa menjadi contoh dan bisa dilakukan tiap tahun,” Oungkap Romo Felix. (riska)

Rate this item
(0 votes)

Related items