Sambut Ramadhan, Peziarah Datangi Makam Keluarga dan Kerabat

TANGERANG - ‎Menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan warga peziarah di Kabupaten Tangerang sudah terlihat mendatangi titik-titik area pemakaman. Ritual berziarah atau nyekar ke pemakaman keluarga serta kerabat telah menjadi suatu budaya.

Seperti aktivitas nyekar yang terpantau di‎ area TPU Semboja, Desa Cikasungka, Kecamatan Solear. Meski belum signifikan tapi gelombang kedatangan warga untuk nyekar mulai terlihat.

“Kemarin Sabtu juga banyak para peziarah, tapi Puncaknya hari ini karena, besok sudah puasa,” kata Ketua TPU Semboja Ujang, Minggu (4/5/2019).

Ia mengakui, pada dua hari akhir pekan kemarin cukup banyak warga peziarah berdatangan. Mayoritas peziarah berasal dari kalangan karyawan y‎ang libur dari tugas kesehariannya.

Sementara itu, warga perumahan bukit cikasungka Suci menerangkan dirinya setiap tahun tak melupakan ritual nyekar. Ia bersama keluarganya tampak khusyu membaca surat yasin serta memanjatkan doa di pusara makam kerabat dan sanak saudaranya.

“Biar afdol sebelum menjalankan ibadah Ramadhan saya nyekar. Ritual ini juga punya pesan kita mengingat kematian, karena setiap umat pasti akan menghadap Allah‎ SWT,” terangnya. (Mad sutisna)

Rate this item
(0 votes)
Go to top