Print this page

Desa Mekar Baru Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Banten

TANGERANG - Desa Mekar Baru, Kecamatan Mekar Baru berhasil meraih Juara 1 Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Banten, Mekar Baru merupakan perwakilan dari Kabupaten Tangerang, Keberhasilan itu diraih setelah mendapat nilai tertinggi dari perwakilan 7 Kabupaten/Kota lain se-Provinsi Banten

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Banten, Dr. H. Ajak Moeslim, M.Pd. kepada Pengelola Perpustakaan Desa Mekar Baru, Kusni, di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DPK Provinsi Banten, Sabtu (4/5/2019). 

Ajak menjelaskan, untuk penilaian lomba Perpustakaan desa dan kelurahan ini dilakukan oleh tim dewan juri yang independen tanpa intervensi pihak manapun, penilaian dilakukan dengan meneliti perpustakaan lewat kroscek lapangan secara langsung. 

"Sehingga semua hal yang dinilai memang benar adanya, sedangkan unsur penilaian diantaranya bagaimana perpusdes/Kelurahan bisa berperan sebagai pusat kegiatan masyarakat," ucapnya. 

Kepala Perpustakaan Cahaya Ilmu Desa Mekar Baru A'ang Junaedi mengungkapkan, instrumen penilaian pengelolaan perpustakaan meliputi administrasi, sarana tempat dan kelengkapan buku yang dimiliki perpustakaan Desa. 

Selain itu juga pihak dewan juri menilai sarana penunjang dan jaringan kerjasama yang dibangun dengan pihak eksternal. 

"Kita sudah bekerja sama dengan KOK Mekar Baru, PAC GP Ansor Kecamatan Mekar Baru, Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Kecamatan Mekar Baru, Forum Silaturahmi Pemuda Kecamatan Mekar Baru, MKB Photografy Production," katanya. 

Sementara itu Kepala Desa Mekar Baru H. Suhada mengatakan, Perpustakaan Desa Mekar Baru sudah menjadi pondasi bagi terselenggaranya kegiatan yang ada di wilayah Kecamatan Mekar Baru, Setiap Kegiatan kemasyarakatan yang diadakan, kader dan pengelola perpustakaan desa Mekar Baru yang ambil bagian utama dalam kegiatan tersebut.

Atas keberhasilan tersebut pihaknya berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan pembinaan sehingga berhasil meraih juara tingkat provinsi. 

"Keberhasilan lomba di tingkat Provinsi Banten menjadi motivasi untuk lebih baik lagi terutama dalam menarik minat baca yang masih kurang karena masyarakat cenderung menggunakan IT, Oleh sebab itu informasi dan pengetahuan yang diperoleh dari membaca, bisa diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. Sehingga dalam melakukan pekerjaan, buku dijadikan dasar dengan langkah yang benar," tuturnya. 

Berkat hasil tersebut maka dapat dipastikan Desa Mekar Baru berhak mewakili Banten untuk berlaga pada tingkat nasional. (Mad sutisna)

Rate this item
(0 votes)

Related items