Depresi, Pengawas TPS Kecamatan Mauk Dilarikan ke RSJ Grogol

Depresi, Pengawas TPS Kecamatan Mauk Dilarikan ke RSJ Grogol Foto: Mad Sutisna/Lensa Fokus

TANGERANG - Yosep Maulana Yusuf anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Warga Kampung Bubulak RT.01 RW.02, Desa Marga Mulya, Kecamatan Mauk alami depresi berat hingga dibawa ke RSJ Grogol, Jakarta Barat, setelah mengawal pemungutan suara di TPS 04, Jum'at (26/4/2019).

Uci Sanusi, orangtua Yosep mengatakan setelah mengawal jalannya pemilihan umum di TPS 04 Desa Marga Mulya, anaknya tidak bisa tidur, lalu melamun dengan tatapan kosong, bahkan terkadang mengamuk sendiri didalam rumah.

“Setelah bertugas Yosep lebih banyak bengong dan mondar-mandir didalam rumah, lalu saat saya diluar rumah bersama istri saya, Yosep mengunci pintu dari dalam lalu setelah mengunci pintu ia mengamuk hingga merusak barang-barang, bahkan saat saya dobrak pintunya Yosep sedang bersiap untuk membakar tempat tidur,“ ujar Uci.

Melihat ada keanehan terhadap anaknya, Uci memberitahukan peristiwa tersebut kepada Panwaslu Kecamatan Mauk, hingga akhirnya Uci memutuskan untuk membawa Yosep ke RSJ Grogol, Jakarta Barat pada Selasa (23/4) lalu.

“Setelah itu saya coba memberitahukan kepada Panwaslu Kecamatan Mauk, setelah itu kami bawa ke RSJ di Jakarta, setelah di bawa ke RSJ, dokter menyarankan kepada saya agar tidak setiap hari menjenguk Yosep, alasannya biar Yosep bisa merasa tenang dan bisa istirahat dengan cukup,“ ucapnya.

Uci mengaku jika anaknya pernah mengalami keanehan pada tahun 2014 lalu tetapi tidak sampai mengamuk dan itu terjadi hanya beberapa pekan saja, Ia juga mengatakan jika dirinya pernah melarang Yosep agar tidak menginap di TPS.

“Dulu pernah anak saya bertingkah aneh, entah karena salah pergaulan atau apa saya tidak tahu, tetapi waktu itu tidak sampai ngamuk seperti ini, dulu Yosep hanya mondar-mandir dan terkadang melamun saja dialam rumah, kemarin-kemarin sebenernya udah sempat saya larang untuk menginap di TPS, tetapi dia malah bilang tidak enak kalau TPS ditiggalin, karena dia merasa bertanggung jawab katanya kalau ada apa-apa, “ jelasnya.

Sementara itu, ditempat yang berbeda Federick Anggota Panwalu Kecamatan Mauk mengatakan, dirinya belum mengetahui apa penyebabnya, namun dia menduga jika itu merupakan penyakit lama yang kambuh kembali.

“Saya tidak tahu penyebabnya apa, tetapi menurut orang tuanya, Yosep memang pernah mengalami hal serupa dulu,  kemungkinan itu penyakit lamanya yang kambuhn, “ tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Anis Darari Anggota Bawaslu Kordinator SDM mengatkan, jika dirinya baru mengetahui kabar tersebut pada Kamis (25/4) pagi, ia berencana akan mengunjungi pihak keluarga Yosep pada Sabtu (27/4).

“Saya baru dapat informasi dari Panwaslu Kecamatan Mauk tadi pagi, rencananya besok sabtu (26/4) saya akan berkunjung ke rumahnya , mau tau keadaannya secara langsung," paparnya. 

Rate this item
(0 votes)
Go to top